Tuesday, October 02, 2012

Jangan Terlalu Sering Membuka Tutup Radiator

Peringatan sederhana. Sebaiknya, tutup radiator memang tidak perlu terlalu sering dibuka tutup. Buka tutup cukup dilakukan pada saat menguras air radiator saja. Sebab, jika terlalu sering membuka tutup radiator maka akan memperbesar peluang tutup radiator menjadi cepat rusak. Apabila terjadi kerusakan pada tutup radiator, maka secara otomatis kerja komponen ini akan menjadi terganggu. Salah satu kemungkinan yang akan muncul adalah overheating, suhu panas mesin berada di atas batas ambang normal. Tentu saja kita telah hapal jika mesin mengalami overheating. Sebab panas yang melebihi toleransi, mesin mungkin berbunyi tidak normal, kurang bertenaga, boros bahan bakar, bahkan mogok di tengah jalan.

Memang ada banyak hal yang menyebabkan overheating. Intinya kondisi tersebut muncul dikarena kan sistem pendinginan tidak bekerja dengan baik. Pada beberapa kasus mendapati bahwa overheating berangsur-angsur mencuat karena ada masalah pada tutup radiator. Dari segi fungsi, tutup radiator memegang mempunyai peranan yang sama besar dalam hal menjaga temperatur mesin. Komponen inilah yang akan menjaga volume air pada sistem pendingin mesin nantinya.

Peran itu dijalankan oleh katup-katup pada tutup radiator. Ada dua katup dalam komponen ini, yaitu: katup tekan dan katup vakum. Kedua katup inilah yang secara bergantian mengeluarkan dan menghisap sehingga air berputar dari tangki reservoir (tangki cadangan) ke radiator. Nah, kedua katup pada tutup radiator inilah yang kemungkinan besar mengalami kerusakan jika tutup radiator terlalu sering dibuka.

Akibat dari kerusakan itu, sirkulasi air kemudian menjadi tidak bagus. Yang lebih buruk lagi, lama kelamaan volume air radiator semakin berkurang karena tumpah keluar melalui tangki reservoir. Kekurangan jumlah air inilah yang kemudian memicu terjadinya overheating.

Oleh sebab itu, untuk mendeteksi terjadinya kerusakan pada tutup radiator bisa dilakukan dengan melihat air pada tangki reservoir. Periksa ketinggian permukaan air pada tangki tersebut. Jika tangki cadangan selalu penuh (bahkan air keluar dari selang pada tutup tangki reservoir), ini pertanda bahwa tutup radiator sudah perlu diganti. Lakukan penggantian yang sesuai dengan jenis radiator mobil anda







No comments:

Post a Comment